Senin, 13 Mei 2013

MAKNA LOGO SMPN 4 PRINGSEWU



1.     Border motif segi lima saling berhubungan sebagai simbol sila sila yang ada pada Pancasila sebagai Dasar Negara, dan sebagai simbul SMPN 4 Pringsewu di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.  warna hitam  mencerminkan keamanan, reabilitas, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, kedewasaan, konservatif, dan praktis dan warna border putih melambangkan kesucian, ketulusan  dan keikhlasan sebagai wahana penyelenggaran pendidikan bagi  masyarakat.

2.    Latar belakang warna biru sebagai warna dasar seragam siswa SMP di Indonesia melambangkan profesionalisme dan kekeluargaan.

3.    Pena sebagai simbol  kegiatan pokok sekolah yaitu belajar dan kegiatan menuntut ilmu . motif bambu pada  pena  sebagai simbul  kedudukan SMPN 4 Pringsewu  yang berada di Kabupaten Pringsewu.

4.      Motif  Tumpal / pucuk rebung pada kain tapis  sebagai simbol  harapan yang baik, yakni harapan pada peserta didik untuk dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia  yang berkwalitas. Tapis sebagai simbul  SMPN 4 Pringsewu berada di Propinsi Lampung.

5.     Matahari sebagai simbol menyongsong harapan masa depan  yang cemerlang melalui pendidikan serta warna kuning melambangkan kemuliaan, kejayaan, kesejahteraan, dan kesuksesan

6.     Buku yang merupakan pasangan pena sebagai simbol sebagai wadah  ilmu pengetahuan, dasar pendidikan dan penalaran yang merupakan pilar pokok sekolah yaitu pembelajaran dan kegiatan menuntut ilmu sedangkan warna putih melambangkan kesucian, ketulusan dan keikhlasan.

7.     Bunga teratai sebagai simbol kesucian yang didambakan institusi untuk menjadi pondasi bagi setiap warga sekolah dalam berprilaku. Warna ungu melambangka tidak pernah ragu ragu, pandai mengukuti perkembangan zaman. . Warna orien melambangkan semangat dan kegigihan dalam berkarya

8.      Nama sekolah dengan huruf yang tegas menunjukkan ciri karakter yang mandiri dan kuat sebagai institusi yang dapat dipercaya sebagai penyelenggara kegiatan kependidikan dengan warna putih melambangkan kesucian, ketulusan dan keikhlasan dan warna huruf pinggir oranye melambangkan semangat dan kegigihan dalam usaha menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar